MESIN PENCARI

GARIS BESAR GEOGRAFI AMERIKA, Dr. Earl N. Mittleman

Upaya yang telah dilakukan manusia untuk membuat tanahnya produktif hampir tidak pernah selesai. Bahan mentah yang mereka garap adalah alam mereka: sifat-sifat alam daerah tersebut dan distribusi kehidupan di dalamnya.

Yang dilakukan orang terhadap alamnya merupakan suatu kisah yang mengasikan - kisah yang memberi arti manusiawi kepada fakta yang sebenarnya tenatang tanah, angin, dataran dan sungai. Buku Garis Besar Geografi Amerika ini menceritakan kerjasama antara tanah dan orang Amerika Serikat, dan tentang beberapa perubahan yang ditimbulkan oleh kerjasama tersebut.

Namun Pertama-tama, sebuah pandangan menyeluruh terhadap negara tersebut; Daratan utama Amerika Serikat terletak di Amerika Utara bagian tengah, berbatasan dengan Kanada di utara, Mexico di selatan, Samudra Atlantik di timur, dan Samudra Pasifik di barat. Dua negera bagian yang paling baru, Alaska dan Hawaii, terpisah adri Amerika daratan: Alaska berbatasan dengan Kanada bagian barat laut, dan Hawaii terletak di Samudra Pasifik.

Keragaman negeri ini berasal dari kenyataan bahwa negeri ini sangat luas dan memiliki berbagai jenis daratan, iklim dan manusia. Amerika Serikat membentang sepanjang 2.575 km dari utara ke selatan, dan 4.500 km dari timur ke barat. Hutan belantara di pegunungan pantai timur laut mendapat curah hujan lebih dari 250 cm setiap tahun.

Sebaliknya, padang pasir di barat daya mendapat curah hujan kurang dari 13 cm setiap tahun. Pengunjung hampir dari semua negara manapun akan menemukkan bagian-bagian Amerika Serikat yang mengingatkan pada negaranya. Ada hutan-hutan cemara yang berbintik-bintik danau, dan puncak-puncak gunung yang diselimuti salju. Ada padang-padang rumput dengan sungai-sungai kecil dan pohon-pohon, karang-karang laut yang terjal, daratan-daratan yang luas yang berumput, bentangan luas tanaman anggur dan pantai-pantai berpasir.

Di beberapa bagian Amerika Serikat, pola-pola kehidupan seakan akan terbentuk secara kebetulan. kadang-kadang ketika para keluarga berpindah ke barat, ke daerah pertanian baru, gerobak-gerobak kereta mereka mengalami kerusakan atau mereka jatuh sakit di perjalanan.

Akibatnya sekarang ini, hampir 200 tahun kemudian, keturunan-keturunan mereka adalah petani yang tinggal di lembah-lembah terpencil yang membuat sedikit saja orang ingin tinggal di sana.

INFO BUKU

Judul: Garis Besar Geografi Amerika 
Penulis: Dr. Earl N. Mittleman
Penerbit: PT. Sinar Agape Press, Jakarta
Edisi: 1983
Halaman: 188
Ukuran: 13.3 x 21 x 0.9 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia 
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Lokasi: 910/Mit/g
Harga: Rp. 30.000

No comments:

Post a Comment