MESIN PENCARI

PERJALANAN OEY HONG NIO, Eka Budianta

Ketika lahir namanya Oey Hong Nio. Setelah menikah dipanggil Nyonya Kho Hok Tjwan. Selanjutnya dikenal sebagai Ibu Elyana Darmono.

Inilah kisah perjalanan hidup yang indah. Dalam usia 88 tahun Ibu Elyana bercerita dengan sangat fasih dan cerdas. Ibu Elyana pernah belajar di Sekolah Guru, Kweekschool di Mendut, dekat Candi Borobudur. Sekolah itu merupakan pendidikan pionir emansipasi perempuan yang sangat terkenal, pada zamannya. Didirikan oleh Gereja Katolik pada 1908, dan berjaya hingga 1943.

Bagaimana pengalaman Elyana selanjutnya? Mengapa ia tidak jadi mengajar sebagai guru? Buku catatan ini memberikan jawaban lengkap dan terperinci. Elyana menikah dengan Frans, pemuda yang dikaguminya. "Suamiku adalah seorang pahlawan," katanya. Ia bertanggung-jawab dan menyelesaikan pekerjaannya dengan baik."

Suaminya, almarhum Frans Kho Hok Tjwan atau Darmono Sugiarto (1920-1982) adalah seorang taat pada ajaran Rama Resi Pransoeh Sastrasoewignya, tokoh kejawen yang amat dikaguminya. Ia mewarikan ajaran Tiga Perangkat yang telah membuat keluarganya menyatu dengan masyarakat, berbakti untuk bangsa dan negara.

Banyak pelajaran hidup yang dapat kita petik dari perjalanan 88 tahun Ibu Elyana. Baginya, tidak ada kata yang lebih menyenangkan daripada "anak" dan "hidup bahagia". Untuk itulah ia dan suaminya bekerja keras, bermasyarakat dengan harmonis di mana saja. Sungguh satu pengalaman berharga dalam hidup yang bersih, tulus dan sederhana.

"Sukses utama keluarga Darmono, menurut hemat saya, adalah keberhasilan mewariskan iman. Tidak sulit mewariskan tanah, rumah, uang, atau batangan emas. Tetapi meneruskan kepercayaan kepada anak-cucu sungguh hal luar biasa. Apalagi bila iman-kepercayaan itu berupa ajaran unik, dan masih jarang pemeluknya, seperti Ilmu Tiga Perangkat dari RPS Sastrosoewignya."
-- Eka Budianta

INFO BUKU

Judul: Perjalanan Oey Hong Nio
Penulis: Eka Budianta
Penerbit: Eugenia
Ukuran: 24.5 x 22.5 x 1 cm
Sampul: Hard Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Baru
Lokasi: 920/Bud/p
Harga: Rp. 55.000

No comments:

Post a Comment