MESIN PENCARI

PEREMPUAN DALAM LITERATUR ISLAM KLASIK, Ali Muhanif

Isu-isu sekitar Islam dan relasi gender dewasa ini menjadi topik yang sering diperdebatkan. Di satu sisi, banyak kalangan memahami bahwa Islam menempatkan kedudukan perempuan lebih rendah dibanding laki-laki. Islam juga dianggap telah memberikan perlakuan-perlakuan istimewa kepada laki-laki dalam hak-hak individu dan sosial yang tidak diberikan kepada perempuan. Tetapi di pihak lain, banyak juga kalangan yang mencoba memberi tafsiran serba positif melalui ayat-ayat al-Qur'an, hadis Nabi, dan pemikiran ulama tentang kedudukan perempuan.

Buku Perempuan dalam Literatur Islam Klasik mencoba mengupas dan menggali wacana tentang relasi gender dalam berbagai literatur Islam klasik di bidang tafsir, hadis, fikih, tasawuf, filsafat, dan ilmu kalam. Melalui penelusuran atas isu gender dalam berbagai literatur Islam klasik tersebut, diharapkan pembaca mendapatkan interpretasi secara utuh dan lebih kaya, mengakar dan menyeluruh, karena dalam Islam terdapat berbagai aspek yang masing-masing interpretasinya saling melengkapi. Dengan demikian, kaum Muslim tidak lagi terjebak dalam pandangan ekstrem, yang memposisikan diri secara ideologis serta cenderung saling menyerang, meyakinkan, dan membuktikan kebenaran pandangannya sendiri dalam melihat masalah perempuan.

Selain pembahasannya yang bersifat menyeluruh, salah satu kekuatan buku ini adalah karena para penulisnya merupakan sarjana dan peneliti yang fokus di bidangnya masing-masing, sehingga validitas dan akuntabilitas datanya tidak perlu diragukan. Melalui tulisannya masing-masing, para penulis tampak berupaya mempresentasikan -- dengan tanpa prasangka -- pemikiran ulama masa lalu yang ada dalam kitab-kitab Islam klasik, dan kemudian, membuat analisis dengan memperhitungkan konteks historis yang mempengaruhi pergulatan para ulama dalam penulisan kitab-kitab tersebut.

INFO BUKU

Judul: Perempuan dalam Literatur Islam Klasik
Penulis: Ali Muhanif
Penerbit: Gramedia
Edisi: 2002
Halaman: 263
Ukuran: 13.5 x 20 x 1.5 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Lokasi: 305/Muh/p
Harga: Rp. 50.000

No comments:

Post a Comment