MESIN PENCARI

STUDI ILMU-ILMU QUR'AN, Manna Khalil al-Qattan

Buku Studi Ilmu-ilmu Qur'an berisi pembahasan yang cermat sekali dan menyeluruh mengenai seluk beluk Qur'an; Perbedaan Qur'an dengan Hadis Kudsi, Hadis Kudsidengan Hadis Nabawi. Tentang wahyu : ciri-ciri dan perbedaan ayat-ayat Makki dan Madani, yang pertama dan yang terakhir turun. Asbabun Nuzul: sebab-sebab turunnya suatu ayat, perlunya mengetahui dan perhatian ulama tentang hal ini. Pengumpulan Qur'an da penyusunan pada masa Nabi dan sesudahnya, urutan ayat dan surah, rasam Usmani. Pembacaan dan tajwid, adab tilawatul Qur'an dan pengajarannya, para qari' dan beberapa dialek. Perbedaan ayat-ayat, muhkamat dan mutasyabihat, yang bersifat khusus dan umum. Tentang nasikh dan mansukh serta beberapa contoh. Yang tersirat dan tersurat. Mukzizat Qur'an dari segi bahasa, ilmu dan syariat. Pengertian tamsil dalam Qur'an dan pengaruhnya dalam pengajaran dan pendidikan.

Terjemahan Qur'an dan penafsirannya, pengertian serta syarat-syaratnya, yang perlu diketahui oleh para ahli tafsir. Kaidah yang diperlukan dan syarat-syarat menjadi mufasir; segi bahasa, hukum dan latar belakang peristiwa. Perbedaan tafsir dan takwil. Pertumbuhan tafsir Qur'an dan perkembangannya, sejak masa Nabi, para sahabat, tabi'in dan seterusnya, tingkatan para mufasir; menghindari israliyat, tafsir kaum sufi, tafsir para ahli fikih dan kitab-kitab tafsir yang terkenal lainnya, dari Tafsir Ibn Abbas, Tabari, Ibn Kasir, Zamakhsyari dan lain-lain sampai pada para mufasir sekarang: Abduh, Rasyid Rida, Sayid Qutub sampai kepada Dr. Aisyah Abdur-Rahman bintisy-Syati'.

Buku ini ditutup dengan biografi sejumlah ahli tafsir terkemuka. Dilengkapi dengan kepustakaan dan indeks.

Manna' Khalil al-Qattan, seorang ulama terkenal, mantan Ketua Mahkamah Tinggi di iyadh an sekarang staf di Univeritas Islam Imam Muhammad bin Saud, Riyadh, Arab Saudi.

INFO BUKU

Judul: Studi Ilmu-Ilmu Qur'an
Penulis: Manna Khalil al-Qattan
Penerbit: Litera AntarNusa
Edisi: 2009
Halaman: 554
Ukuran: 14.5 x 21 x 2.5 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Lokasi: 299.1/Qat/s

No comments:

Post a Comment