MESIN PENCARI

KALAM MEMBACA SASTRA, Jurnal Kebudayaan

Nomor ini boleh disebut nomor sastra: sebagian besar pengalaman jurnal ini memuat karya sastra, khususnya lima cerita Nukila Amal, empat diantaranya petikan dari novel yang telah digarapnya. Mungkin kita berbahagia, karena kali ini kita peroleh penulis yang tidak biasa-biasa.

Ataukah kita mesti berduka, karena dengan membaca Nukila kita tahu bahwa selama ini kita hanya dikepung oleh cerita semenjana sepanjang paling benter 12 ribu karakter tulisan yang konon sesuai dengan selera pembaca? seuah karya yang unggul selalu mengingatkan kembali bahwa keunggulanya "hanyalah"hasil keterampilan berbahasa, plus pergulatan yang keras kepada (tetapi juga permainan yang asik) dengan bahan.

Berulang kali jurnal ini menyatakan bahwa sebagai besar, kalau perlu seluruh, halamanya setiap memuat karya panjang seorang penulis entahlah ia novelis, dramawan, kritikus seni, atau peneliti. Bukan main sulitnya mengail tulisan demi tulisan demikian. Meski kami menerima sebukit naskah setiap bulan. Merangsang para penulis esai dan kritik mungkin bisa, yakni dengan jalan memberi tema tertentu yang sejalan dengan minat, disiplin dan pokok umum penelitian mereka, sebagaimana kami lakukan dengan dengan sejumlah diskusi di Teater Utan Kayu. Ada yang berkata, menacing-mancing agar orang menulis cerita panjang, tentulah absur. Ternyata, itu bukan mustahil sama sekali. Kami bertukar pikiran dengan penulis nama pun.

Nukila, misalnya, mengirimkan karyanya ke kalam bagian demi bagian.

Kami tak sedang memaksakan bahwa menulis panjang itu sebuah kebijakan utama. Kami juga bukan tengah menghasut para penulis dan peneliti agar menghasilkan sesuatu yang besar, yang monumental. Kami sekedar menyadari bahwa ketika kebebasan-mungkin sekedar kebebasan jaman atau kotrakan-begitu besar sekarang ini, kelisan juga kian besar dan menghanyutkan. Jika orang ramai bergunjing dan mencibir di jalanan, kaum spesialis kita juga tak kurang cakapnya di koran dan televisi.

INFO BUKU

Judul: Membaca Sastra 
Penulis: Kalam
Penerbit: Koran Tempo
Edisi: 2001
Halaman: 157
Ukuran: 15.3 x 23.1 x 1.2 cm
Sampul: Shof Cover
Bahasa: Indonesia 
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Harga: Rp. 45.000
Call No: 813/Keb/k

No comments:

Post a Comment