MESIN PENCARI

ATASE TENAGA KERJA & PERLINDUNGAN TKI, P. Eko Prasetyohadi

Kita sering mendengar istilah TKI ilegal, Tapi selama ini kita belum pernah mendengar istilah kebijakan ilegel. Buku Atase Tenaga Kerja & Perlindungan TKI ini mengangkat berbagai fenomena kebijikan ilegal yang dibuat pemerintah negara tujuan TKI-dalam hal ini adalah singapura dan malaysia-dan pemerintah indonesia. Yang disebut kebijakan secara normatif mestinya mengarah pada ketentuan-ketentuan yang dibuat demi kebaikan bersama, khususnya kebaikan mereka yang lemah dan membutuhkan perlindungan. Kalau ketentuan-ketentuan yang membuat pemerintah justru berpotensi melanggar hak-hak kaum lemah, tidak layakah bila itu disebut kebijakan.
Dalam kasus TKI, kebijakan semacam itu bisa diberi status sebagai kebijakan ilegal. Dalam meningkatkan perlindungan bagi TKI di era liberalisasi ekonomi, kebijakan ilegal perlu dikoreksi dan dihapus, layaknya kita mengurangi atau menhapus TKI ilegal.
Memahami kebijakan pemerintah negara tujuan itu seperti berkaca pada diri sendiri. Ketika kita menyatakan kebijakan negera lain sebagai "ilegal", tuduhan yang sama akan berlaku sebagai kebijakan di dalam negeri. Dengan kata lain, di dunia yang semakin liberal ini kita tidak bisa menurut pemerintah negara lain untuk menghormati hak-hak TKI apabila kita sendiri tidak terlebih dulu menghormati hak-hak mereka yang selama ini kita beri lebel "pahlawan devisa".
Jika Anda seorang presiden atau calon presiden, dari buku Atase Tenaga Kerja & Perlindungan TKI ini Anda akan mengetahui arah jalan keluar yang akan meningkatkan legitimasi Anda Sebagai Presiden sebuah bangsa yang bermartabat. Dengan buku Atase Tenaga Kerja & Perlindungan TKI ini Anda akan mendapatkan gambaran tentang kerangka perlindungan TKI yang lebih kongkrit: (1) pembenahan manajemen migrasi tenaga kerja di dalam negeri (2) langkah-langkah terobosan dalam hal layanan perlindungan yang melibatkan partisipasi TKI dan segenap komponen masyarakat Indonesia di luar negeri; (3) strategi diplomasi efektif yang bersfektif 'bukan hanya kita yang butuh pekerjaan dari mereka, tetapi ekonomi mereka juga sangat bergantung pada tenaga kerja dari Indonesia'.

INFO BUKU

Judul: Atase Tenaga Kerja & Perlindungan TKI
Penulis: P. Eko Prasetyohadi
Penerbit: Tifa Foundation
Edisi: 2010
Halaman: 479
Ukuran: 14 x 21.3 x 3.1 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Koleksi Pribadi
Lokasi: 340/Pra/a

No comments:

Post a Comment