MESIN PENCARI

POTRET MANUSIA SEBAGAI SI ANAK KEBUDAYAAN MASSA, Bre Redana

KEBUDAYAAN populer adalah keseharian yang kita ketemui baik itu di kota-kota besar maupun di kota-kota kecil. Dalam keseharian kita, terkadang kita bisa tercenung melihat betapa bentuk yang namanya lokalnasional-regional-global itu saling tarik-menarik, saling mempengaruhi satu sama lain. Tak mesti yang global itu menghegemoni yang lokal, sebaliknya yang lokal pun memerlukan langkah panjang untuk menjadi global.

Kumpulan tulisan yang kami terbitkan ini adalah sebentuk potret masyarakat kita dimana terjadinya tarik-meranarik itu sangat kasat mata. Ada yang mengatakan bahwa perkembangan yang terjadi dalam kebudayaan populer saat ini adalah bagian dari perkembangan kapitalisme yang telah telah merasuk di Indonesia sejak beberapa dekade lalu.

Kumpulan tulisan ini merupakan suatu seketsa masyarakat yang ada, dan dipandang lewat kacamata seorang jurnalis yang tertekun dengan persoaalan masyarakat dan kebudayaan kontemporer. Di dalamnya kita akan menikmati kelucuan-kelucuan di sekitar kita, menikmati hal-hal ironis di sekitar kita, perenungan yang 'lebih serius'atas suatu yang kelihatanya 'tak serius',dan juga kita ditunjukan problema masyarakat kapitalis dan masyarakat global.

Banyak orang padang yang digunkan si penulisnya di sini menggunakan suatu metode yang disebut sebagai cultural studies (susah juga menerjemahkannya begitu saja menjadi 'studi-studi kbudayaan'), namun dari berbagai penulis cultural studies yang ada, penulisnya memilih sejumlah penulis yang tak semata-mata begenit-genit yang teori yang makin mikro ataupun makin sophisticated, tetapi penulisnya melihat fenomena perkembangan masyarakat global dan kapitalis ini dengan cara yang kritis. Jean Baudrillard, adalah suatu tokoh pemikir yang banyak dipacu oleh Bre Redana karena ia mengkritik perkembangan masyarakat kapitalis yang banyak terjebak dengan citra atau image dari berbagai barang konsumtif dalam masyarakat.

Buku Potret Manusia Sebagai Si Anak Kebudayaan Massa ini diterbitkan untuk memperkaya kajian atas kondisi kapitalis. Walaupun ia 'hanya'berupa kumpulan tulisan, nama buku Potret Manusia Sebagai Si Anak Kebudayaan Massa ini salah satu koleksi atas perjalanan karier si penulisnya yang mau bergulat dengan tema-tema baru dalam penulisannya tentang masyarakat masa kini. Gaya penulisan yang memikat, itu pulalah salah satu kelebihan penulis yang membuat kami tertarik untuk menerbitkan kumpulan tulisan ini.

INFO BUKU

Judul: Potret Manusia Sebagai Si Anak Kebudayaan Massa
Penulis: Bre Redana
Penerbit: LSPP
Edisi: 2002
Halaman: 284
Ukuran: 14 x 20.7 x 1.5 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Harga: Rp. 39.000
Call No: 370/Red/p

No comments:

Post a Comment