MESIN PENCARI

KABAR-KABAR DARI SEBUAH MILIS, Arya Gunawan

Sebagaimana yang tercermin dari judulnya, seluruh bahan-bahan yang digunakan untuk menyusun buku Kabar-Kabar Dari Sebuah Milis ini berasal dari sebuah milis (kelompok korespondensi di Internet) yang berjudul unesco_localrad/yahoogroups.com.

Cikal bakal milis itu sendiri tidak dapat dipisahkan dari salah satu kegiatan utama Unit Komunikasi UNESCO Jakarta (salah satu dari beberapa unit pertama di UNISCO di samping Pendidikan, Kebudayaan, dan Sains) yang bergerak di bidang pengembangan dan pemberdayaan media. Kegiatan tersebut adalah pengembangan jaringan radio lokal, yang dimulai sejak Februari 1999. Lewat kegiatan yang didanai oleh kedutaan Besar Denmark di Indonesia ini, sejumlah radio di berbagai kota di Indonesia dijalin dalam sebuah jaringan, untuk secara bersama-sama mengembangkan peran mereka sebagai salah satu agen perubahan yang kontruktif untuk menegakan demokrasi dan tata pemerintahan yang bersih. Tujuan ini bisa dicapai lewat poduksi dan penyiaran program-program yang berkaitan dengan penegakan demokrasi, misalnya berita dan current affairs (isu terkini), program partisipatoris, talk show, dan featur radio.

Selama empat tahun program ini berjalan, ada 30 stasiun radio yang tersebar di 15 provinsi di Indonesia, termasuk di Aceh dan Papua serta Maluku Utara, yang ikut bergabung, Mereka kemudian bersepakat untuk menamakan perhimpunan mereka kemudian bersepakat untuk menamakan perhimpunan mereka sebagai Jaringan Radio Lokal untuk Demokrasi (JRLD).

Berbagai dukungan diberikan oleh UNESCO kepada radio-radio ini. baik berupa dukungan fisik berupa bantuan peralatan untuk produksi, maupun nonfisik berupa program-program pemberdayaan atau peningkatan kemampuan mereka, terutama kemampuan di bidang produksi program-program yang bermuatan demokrasi. Dukungan non-fisik ini termasuk berbagai pelatihan di jurnalistik radio, dengan cara tatap muka, misalnya pelatihan di bidang jurnalistik radio, jurnalistik investigatif, etika jurnalis, lokakarya di bidang riset khalayak, dan lain-lain

INFO BUKU

Judul: Kabar-Kabar dari Sebuah Milis
Penulis: Arya Gunawan
Penerbit: UNESCO
Edisi: 2003
Halaman: 226
Ukuran: 14.8 x 20.9 x 1.1 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Lokasi: 070/Gun/k
Harga: Rp. 45.000

No comments:

Post a Comment