MESIN PENCARI

AKU MEMILIH DAMAI, Meri Djami

Aku Memilih Damai menjadi semacam dokumentasi dan sekaligus sikap pribadi lima perempuan muda yang mengalami langsung konflik dan kekerasan yang berlangsung di tempat mereka bermukim dan menjalani kehidupan.

Buku Aku Memilih Damai Ini mencoba menjawab pertanyaan apa yang dimaksud perempuan dengan perdamaian ketika ia bekerja untuk meyikapi konflik beserta dampak-dampaknya dan ketika ia berjuang untuk menentang impunitas dan ketakadilan pasca konflik? Apa yang terjadi motivasi perempuan ketika ia mengambil peran ini kendati pun ia tidak pernah dilibatkan dalam proses negosiasi perdamaian di tingkat formal?

Apa yang dilakukan oleh perempuan untuk perdamaian di akar rumput dan dalam keseharian hidup bermasyarakat walaupun ia tidak menjadi bagian dari sebuah perumusan 'rencana aksi nasional' yang dibuat untuk melaksanakan komitmen-komitmen negara pada komunitas internasional? Semua pertanyaan ini hanya bisa terjawab jika kita bertanya langsung kepada para perempuan yang menjalankan kerja ini di tengah konflik yang terjadi di sekelilingnya. Dari percakapan antar lima perempuan muda ini, kita mencatat sebuah keyakinan bahwa perempuan bergerak membangun perdamaian bukan sebagai sesuatu yang alamiah malaikan merupakan proses memilih secara sadar: kesadaran akan realisasi ketertindasan.

INFO BUKU

Judul: Aku Memilih Damai
Penulis: Meri Djami dkk
Penerbit: KOMNAS Perempuan
Edisi: 
Halaman: 183
Ukuran: 14 x 20 x 0.8 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Harga: Rp. 35.000
Call No: 340/Dja/a

No comments:

Post a Comment