MESIN PENCARI

PANDUAN UMUM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KELUARGA BERWAWASAN GENDER, Nina Sardjani

Program Pendidikan Keluarga Berwawasan Gender marupakan salah satu kebijakan dari Program Penguatan Kelembagaan dan Anak dalam lingkup Pendidikan Luar Sekolah Departemen Pendidikan Nasional. Program ini pada tahun 2003 mulai dirancang dan dikembangkan melalui kemitraan dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM), sebagai langkah awal dilakukannya studi yang diarahkan untuk melakukan analisis kebutuhan belajar Pendidikan Keluarga diberbagai karakteristik masyarakat, seperti daerah pertanian, nelayan, transmigrasi, dan kelompok-kelompok perempuan marjinal, baik di perdesaan maupun di perkotaan.

Dari hasil studi tersebut dianalisis kembali sehingga tersusunnya kurikulum studi atau yang sepakat disebut sebagai Pesan Standar Pendidikan Keluarga Berwawasan Gender. Pada tahun yang sama diujicobakan pengembangan model PKBG kepada 30 (tiga puluh) lembaga berdasarkan pengalaman di lapangan.

Masing-masing program dielaborasi dari panduan PKBG yang berisi Pesan Standar dan dikembangkan berdasarkan kebutuhan potensi lokal dimana program ini akan dilakukan. Pada tahun 2004, delapan (8) terpilih melakukan pemantapan formulasi model dengan melakukan implementasi ulang di lapangan.

Dari sejumlah pengalaman tersebut dipandang perlu menegaskan benang merah penyelenggaraan PKBG. Oleh karena itu, pada tahun 2005 ini disusun buku panduan Umum Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga Berwawasan Gender PKBG. Mudah-mudahan dengan adanya buku Panduan Umum Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga Berwawasan Gender ini, PKBG dapat dilaksanakan dan dikembangkan lebih lanjut di lapangan, sehingga memperkaya khasanah program-program Pendidikan Non Formal yang sudah ada dilingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Nasional.

INFO BUKU

Judul : Panduan Umum Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga Berwawasan Gender
Penulis : Nina Sardjuni
Penerbit: Departemen Pendidikan Nasional
Edisi: 2005
Halaman: 54
Ukuran: 17.4 x 24.4 x 0.3 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Harga: Rp. 35.000
Call No: 305/Sar/p

No comments:

Post a Comment