MESIN PENCARI

AGAMA CINTA AGAMA MASA DEPAN, John D. Caputo

Agama Cinta, Agama Masa Depan adalah suatu eksplorasi yang menegangkan tetapi gamblang mengenai keberagaman pada masa kini. Kalau Tuhan dikatakan sudah mati -seperti dikatakan Nietzsche-mengapa justru agama berkembang?

Dengan menggali akar-akar keberagaman, John Caputo memeriksanya dengan kecermatan dan dengan gaya yang khas. Dalam ikhtiar tersebut, sejumlah pertanyaan yang menarik muncul: Apakah yang sebenarnya aku cintai ketika aku mencintai Tuhanku? Apakah yang dapat dipelajari bagi agama dari film Star Wars, dan apa arti yang sebenarnya kalau dalam film itu dikatakan “may the Force be with you”? Dan apa yang tengah manusia lakukan kalau mereka bertindak “atas nama Allah”?

Dengan mengambil contoh-contoh dari kebudayaan popular, telekomunikasi modern, dan pemikiran filsafat, John Caputo menjelaskan mengapa dan bagaimana agama menjadi sumber inspirasi pribadi dan tuntunan moral justru di tengah dunia digital, pasca-industri, dan zaman yang nihilistis ini.

Ia bahkan mengusulkan, apakah mungkin kita memiliki “agama tanpa-agama”, dan mencoba memberi isinya. Dalam buku ini, juga dikisahkan keadaan agama di tengah budaya pop, seperti film Robert Duvall berjudul The Apostle.

Betapapun gagasan Caputo tak sepi dari pro-kontra, buku ini berhasil menguraikan dengan luar-biasa sosok baru iman dan agama dewasa ini.

INFO BUKU

Judul: Agama Cinta Agama Masa Depan
Penulis: John D. Caputo
Penerbit: Mizan
Edisi: Cetakan I, November 2013
Halaman: 181
Ukuran: 14 x 21 x 1 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Baru
Harga: Rp. 49.000 Rp. 39.000
Lokasi: 200/Cap/a

No comments:

Post a Comment