MESIN PENCARI

KAZAK DAN PENYERBUAN, Leo Tolstoy

Novel Kazak ini berkisah tentang Olenin, seorang bangsawan Rusia yang merasa sangat terhormat dapat bergabung dalam sebuah operasi militer di Kaukasus, wilayah abu-abu yang kerap menjadi latar geografi dan demografi prosa-prosa Tolstoy—sejarah mencatat, pada 1851, Tolstoy pernah menjadi anggota resimen artileri di wilayah ini.

Sejawat sesama bangsawan menertawakan patriotisme konyol Olenin itu. Bagi mereka, golongan kelas atas seperti Olenin tak semestinya berbaur dengan orang-orang Kazak (paramiliter) yang kasar, bengis, dan hanya mengandalkan otot. Tapi bagi Olenin, martabat bangsawan telah memantik keterpelantingan eksistensial, dan ia menjadi laki-laki yang tidak punya obsesi lantaran terbuai kemewahan.

Di Kazak, Olenin menemukan kembali gairah hidup. Ia bergaul dengan Eroshka, mantan tentara perbatasan yang di hari tuanya masih punya semangat hidup menyala. Begitu pula Lukasha, lelaki Kazak, penjaga perbatasan yang bersetia pada Rusia. Olenin lupa pada masa lalunya yang hingar-bingar sejak ia menemukan Maryanka, gadis Kazak, pekerja keras yang pantang mengeluh.

Namun, menaklukkan gadis Kazak ternyata tak segampang membalik telapak tangan. Diam-diam orangtua Maryanka menjodohkan anak gadisnya itu dengan Lukasha, teman karib Olenin selama di Kazak. Sejatinya, usaha Olenin nyaris berhasil, dan Maryanka sudah takluk di tangannya. Tapi, tak lama berselang, sebuah kontak tembak dengan gerilyawan Chechnya terjadi. Lukasha tewas.

Maryanka justru mencurigai Olenin merekayasa pembunuhan mantan kekasihnya itu, hingga sikapnya pada Olenin berubah. Maryanka tidak mau lagi bertemu Olenin, bahkan tak segan mengusir lelaki itu. Di Rusia, karena kebangsawanannya, Olenin begitu gampang menaklukkan perempuan. Di Kazak, karena kebersahajaan, kejujuran, dan ketulusan cintanya, ia malah ditinggalkan oleh Maryanka.

Di titik manakah Olenin mesti berpijak? Apakah ia bakal pulang ke Rusia, atau justru bertahan dengan cinta yang bertepuk sebelah tangan di wilayah perbatasan?

INFO BUKU

Judul : Kazak dan Penyerbuan
Penulis : Leo Tolstoy
Penerbit: Jalasutra
Edisi: 2010
Halaman: 376
Ukuran: 12 x 19 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Baru
Harga: Rp. 50.000 Rp. 42.000

No comments:

Post a Comment