MESIN PENCARI

PERISTIWA GUNUNG TINOMBALA, Yusuf Abdullah Puar

YUSUF ABDULLAH PUAR
Dilahirkan di Medan tanggal 31 Agustus 1917. Berijazah Mulo Medan 1938, Junior Cambridge dan berpendidikan Madrasah Tawalib Islam. Mulai aktif menulis sejak 1939 di banyak majalah dan surat kabar di Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin dan Ujung Pandang.

Di samping penulis fre lance beliau menduduki posisi penting dalam pemerintahan RI. Dimulai dari Sekretaris Umum/Kepala Harian Jawatan Penerangan Sumatra di Medan (awal 1946) mendampingi Mentri Negara Dr. Moh Amir, sampai kepala penerangan Dalam Negeri (pendagri) di Kementrian Penerangan di Jakarta. Semenjak 1970 pensiunan Departemen Penerang.

Memegang peranan dalam perjuangan dewan perwakilan. Dimulai dari anggota KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat) dalam tahun 1946 sampai anggota DPR Sumatra Utara dan DPR Sumatera di masa sebelum penyerahan kedaulatan. Terakhir, anggota Badan Pekerja (Eksekutif) DPR Sumatra di Pematang Siantar dan Bukittinggi, Mendampingi Gubernur Sumatra Mr. T. Moh. Hasan.

Hijrah ke Jakarta Tahun 1954 sampai kini.
Terus menulis di beberapa surat kabar dan majalah. Pernah jadi pemimpin radaksi majalah Islam Panji Masyarakat, Gema Islam Bersama Hamka dan Pemimpin redaksi Harian Abadi.

Di samping ratusan karanganya yang bertebaran di banyak majalah dan surat kabar, tetesan penanya telah melahirkan buku:
1. Pengetahuan Bernegara, 2. Analisa Pancasila Indonesia (dengan legalisasi Presiden Sukarno), 3. Peristiwa Republik Maluku Selatan, 4. Dunia Palang Merah, 5. Peristiwa Lubang Buaya, 6. Peristiwa Kentungan-Gerderang Perlawanan Jateng, 7. SUPERSEMAR. 8. Amal Pancasila (inti 44 pidato Presiden Suharto), 9. W.R. Supratman Pencipta Lagu Kebangsaan Kita (bersama pengarang Matu Mona), 10. Memantapkan Pembinaan Urusan Haji Indonesia (konsepsi gubernur DKI jaya Ali Sdikin), 11. Panca Agama di Indonesia.

Buku 'Peristiwa Gunung Tinobala' Ini adalah hasil perpaduan bakat seorang pengarang dan sifat pembawaan seorang wartawan yang serba gerak cepat dalam pengumpulan dokumentasi dan penghidangan tulisan yang padat dan lancar.

INFO BUKU

Judul: Peristiwa Gunung Tinombala
Penulis: Yusuf A Puar
Penerbit: Pustaka Antara Jakarta
Edisi: 1978
Halaman: 191
Ukuran: 14.3 x 20.8 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Lama/Kolpri
Harga: Rp. 45.000
Call No: 959/Pua/p

No comments:

Post a Comment