MESIN PENCARI

BUDAYA MEDIA BAHASA, Stuart Hall, dkk

Cultural Studies bukanlah sebuah 'disiplin', melainkan bidang kajian tempat pelbagai disiplin berbeda bersinggungan dalam mengkaji aspek-aspek budaya masyarakat. Kompleksitas pelbagai disiplin tertentu yang terlibat, serta pelbagai jenis penelitian yang diadopsi, tentu saja berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya. Buku ini, yang didasarkan pada karya Birmingham Centre, merefleksikan satu kecenderungan tertentu dengan menyeleksi artikel-artikel penting dari 9 (sembilan) terbitan pertama jurnal Centre for Contemporary Cultural Studies (CCCS), yaitu Working Paper in Cultural Studies (WPSC).

Buku ini dibagi ke dalam empat bagian utama. Bagian tersebut berkenaan dengan karya etnografis, kajian media, kajian bahasa, dan kajian bahasa Inggris. Masing-masing memiliki bagian tinjauan umum yang bersifat pengantar, yang memetakan pelbagai minat dan arah yang berubah-ubah dalam bidang ini. Lalu, diikuti dengan pilihan intisari yang terutama diambil dari pelbagai artikel jurnal, tesis, atau makalah yang diterbitkan.

Tiap-tiap bagian mempertahankan problematika berbeda yang menopang karya CCCS di pelbagai bidang ini pada tahapan-tahapan berbeda, dengan ragam pendekatan yang berbeda, yang telah menjadi ciri pendekatan CCCS secara keseluruhan. Mereka yang sedang bekerja dalam Cultural Studies, akan menemukan dalam buku ini sesuatu yang instruktif, baik secara substantif dalam bidang-bidang tercakup maupun secara umum dalam kaitannya dengan bahaya dan risiko yang menyertai suatu proyek intelektual dan intervensi semacam ini.

Ketika karya yang definitif semacam itu bisa dituliskan, karya tersebut secara kreatif akan menggunakan pelbagai pengalaman lebih luas daripada yang bisa kita ikhtisarkan dalam buku ini serta akan menuntut pengerahan kekuatan dan sumber daya intelektual yang melampaui kapasitas Birmingham Centre. Hal tersebut akan merefleksikan perbedaan dan keanekaragaman yang relevan ketimbang kesatuan palsu yang terkadang dituduhkan kepada Cultural Studies.

INFO BUKU

Judul: Budaya Media Bahasa
Penulis: Stuart Hall, Dorothy Hobson, Andre Lowe dan Paul Wills (ed)
Penerbit: Jalasutra
Edisi: 2011
Halaman: 472
Ukuran: 15 x 23 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Baru
Harga: Rp. 99.000 Rp. 87.500
Call No:

No comments:

Post a Comment