MESIN PENCARI

KEPELATIHAN OLAHRAGA TEORI DAN METODOLOGI, Harsono

Vrijens (2001) menulis buku berjudul “Basis voor Verantwoord Trainen.” (Verantwoord artinya “bertanggung jawab”). Dia dengan demikian ingin mengingatkan para pelatih agar mereka dalam tugas melatihnya melakukannya dengan penuh tanggung jawab. Ada ungkapan yang mengatakan bahwa “Tinggi-rendahnya performa atlet adalah cerminan dari tinggi-rendahnya ilmu dan keterampilan pelatihnya” dan “Apa yang dikiprahkan atlet dalam pertandingan ialah cerminan dari apa yang sudah atau belum diberikan oleh pelatih dalam latihan.” Oleh karena itu berhasil atau gagalnya atlet adalah sepenuhnya tanggung jawab pelatih. Kurang patutlah kalau kegagalan selalu dilimpahkan kepada atlet.

DR. Sherwyn Woods mengenai pelatih mengatakan bahwa bagi atlet, pelatih adalah model yang sangat potensial karena “… a coach symbolishes the strength, competence, and masculinity that the athletes are so desperately struggling to attain.”

”You cannot achieve if you do not believe you can achieve.”

Prof. Sudjoko (budayawan) menandaskan “Van alles een beetje weten, maar van een ding heel erg veel weten.” Atau “Know something of everything, but know everything of something.” Pelatih boleh tahu banyak mengenai olahraga, tapi dari satu olahraga yang ditanganinya, dia musti tahu segalanya, teknik, taktik, mental, peralatan, peraturan, program latihan, teori dan metodologi latihannya, ya, semuanya! .

Hindarilah mengawetkan cara melatih yang sudah usang. “Don’t build schools of yesterday today”; but “Build schools of today today”; atau malah kalau mau bisa lebih baik “Build schools of tomorrow today.

Ada postulat yang bunyinya “Tanpa pembaruan takkan ada perubahan; tanpa perubahan takkan ada kemajuan. Change, and it will change your life.”

INFO BUKU

Judul: Kepelatihan Olahraga Teori dan Metodologi
Penulis: Harsono, Prof., Drs., M.Sc.
Penerbit: Rosda
Edisi: 2015
Halaman: 244
Ukuran : 16 x 24 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Beru
Harga: Rp. 56.000 47.500
Call No:

No comments:

Post a Comment