MESIN PENCARI

MEMAHAMI BUDAYA POPULER, John Fiske

Apakah budaya populer itu? Bagaimana hal tersebut berbeda dengan budaya massa? Dan apakah yang diungkapkan oleh “teks-teks” populer tentang dinamika kelas sosial, ras, dan gender dalam suatu masyarakat? John Fiske, salah satu akademisi terkemuka dalam bidang tersebut, menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan setumpuk pertanyaan lain dalam Memahami Budaya Populer.

Profesor Fiske mengambil pendekatan baru untuk mempelajari artefak-artefak kebudayaan seperti jeans, mall, koran, tabloid, dan game shows televisi. Dia membedakan budaya massa—“produk-produk” budaya yang dihasilkan oleh masyarakat kapitalis industrial—dan budaya populer—cara orang untuk menggunakan, menyalahgunakan, serta subversi atas produkproduk ini guna merangkai berbagai makna dan pesan mereka sendiri. Alih-alih berfokus pada usaha-usaha budaya massa untuk mendominasi dan menghomogenisasi, Fiske lebih suka mengamati (dan menikmati) pengelakan dan manipulasi budaya populer terhadap usaha-usaha ini.

Memahami Budaya Populer menyajikan teori yang secara radikal berbeda tentang apa maknanya menjadi populer bagi budaya: yaitu, secara harfiah, budaya masyarakat. Budaya tersebut tidak diberlakukan pada mereka. Sebaliknya, budaya tersebut lahir dari mereka. Kesenangan dan maknanya merefleksikan cita rasa dan kepedulian populer—dan penolakan terhadap cita rasa dan kepedulian yang didorong oleh budaya massa. Dengan kejenakaan, kejelasan, dan wawasan, Profesor Fiske menyangkal mitos audiens massa yang tidak masuk akal, dan menunjukkan bahwa, dengan banyak cara, budaya populer berkembang pesat karena audiens tersebut lebih sadar daripada yang diduga oleh siapapun.

John Fiske adalah Profesor Seni Komunikasi di Universitas Wisconsin-Madison dan sebelumnya telah mengajar di Australia dan Inggris. Dia adalah penulis beberapa buku dan banyak artikel tentang budaya populer. —

INFO BUKU

Judul: Memahami Budaya Populer
Penulis: John Fiske
Penerbit: Jalasutra
Edisi: 2011
Halaman: 240
Ukuran: 15 x 23 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Baru
Harga: Rp. 62.000 53.000
Call No:

No comments:

Post a Comment