MESIN PENCARI

PERTAHANAN NEGARA DAN POSTUR TNI IDEAL, Connie Rahakundini Bakrie

...Sebuah buku yang secara sistematis dan gamblang menyampaikan berbagai pemikiran tentang aspek aspek yang perlu diperhatikan. Berbagai tantangan yang ada di elaborasi oleh Connie dan kemudian mengusulkan suatu Grand Strategy yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mendapatkan postur TNI ideal. Suatu pemikiran yang berani. Buku ini akan memberikan sumbangsih pemikiran bagi upaya mendapatkan TNI yang kuat, profesional dan berwibawa. Saya kira buku ini baik dibaca tidak saja oleh kalangan militer tetapi juga bagi kalangan sipil untuk lebih mengenal masalah pertahanan negara...
(Doctor Hon. Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar
Mantan Kepala Staf Angkata Darat)

...Saya menyambut baik dan bangga atas penerbitan buku ini. Profesionalisme militer harus dapat diarahkan pada kerangka kontrol objektif sipil atas militer yang mencakup: tingginya profesionalisme militer, subordunasi efektif militer, dan pengakuan alit sipil pada kewenangan dan otonomi militer. Dalam Konteks inilah, buku ini hadir mengisi "kekosongan" kajian-kajian yang dilakukan mengenai hal-hal yang sangat penting diperhatikan untuk mendukung keberhasilan profesionalisme militer Indonesia.

Buku ini dapat dijadikan referensi bagi kalangan akademisi, utamanya mahasiswa dan dosen di bidang ilmu politik, hubungan internasional, kalangan pengambil kebijakan, kalangan militer, pegiat masyarakat sipil, dan masyarakat umum yang tertarik untuk mengamati perkembangan reformasi militer dan kebijakan strategis militer khususnya di Indonesia yang menjalani proses transisi menuju sistem politik demokrasi.
Prof.Dr. Gumilar Rusliwa Somantri
Rektor Universitas Indonesia

...Membawa sesuatu yang lebih jauh dari apa yang dipaparkannya. Pesan utamanya sederhana: perencanaan pertahanan di Indonesia masih belum bisa melepaskan diri dari barbagai komplikasi, mulai dari masalah plitik, arah kebijakan, sampai pembiayaan. Sebab itu, perencanaan menjadi jauh lebih kompleks dari apa yang umumnya terjadi di negara-negara "normal"

Buku ini sangat bermanfaat sebagai langkah awal untuk membicarakan doktrin dan strategi pertahanan serta operasionalisasi kedalan setrategi perang dan postur tentara Indonesia. Di negera sejumaju Amerika Serikat saja, upaya yang sama baru dilakukan oleh Josep Kugler, William Domke dan Lwes Sinider sekitar 20 tahun silam. Menggemakan kembali Leo Tolstoy, sastrawan Rusia terkemuka yang dalam The War and peace, menulis:"you may not be interested in you"...
Dr.Kusnanto anggoro,
Peneliti Senior Center For Strategic and Internatoinal Studies; pengajar luar biasa pada Jurusan Ilmu hubungan Internasional, Universitas Indonesia (Jakarta); dan pengajar tamu pada sekolah-sekolah Staf dan Komando di lingkungan TNI.

INFO BUKU

Judul : Pertahanan Negara Dan Postur TNI Ideal
Penulis : Connie Rahakundini Bakrie
Penerbit: Yayasan Obor Indonesia
Edisi: 2007
Halaman: 274
Ukuran: 16 x 24 cm
Sampul: Hard Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Baru
Harga: Rp.95.000 Rp. 85.500

1 comment: