MESIN PENCARI

MONETISASI PEDESAAN BUNGA RAMPAI KEUANGAN PEDESAAN, Marjanto Danusaputro, Jusuf M. Colter, Pandu Suharto

Sejak tahun 1995, Bank Indonesia dan LPPI mulai menjajagi kemungkinan penelitian mengenai lembaga-lembaga dana dan kredit pedesaan, yang diistilahkan sebagai Bank Perkreditan Rakyat, sebagai suatu langkah untuk mencari jawaban atas berbagai permasalahan dana dan kredit pedesaan serta rakyat/golongan kecil, yang menyangkut lapisan bawah rakyat kita yang dirasakan semakin mendesak.

Upaya untuk mencari model kelembagaan perkreditan tersebut yang sesuai dengan kebutuhan daerah pedesaan setempat dan rakyat golongan bawah merupakan suatu problematika tersendiri. Oleh karena itu berbagai kegiatan penelitian serta kegiatan ilmiah lainnya seperti seminar-seminar yang dilakukan oleh berbagai instansi, menarik pula untuk diikuti perkembangannya.

Berhubung dengan itu, LPPI mengadakan berbagai macam seminar yang diselenggarakan dalam tahun 1986 san 1987. Melalui seminar-seminar tersebut telah berhasil diidentifikasikan lembaga-lembaga dana dan kredit pedesaan serta permasalahan yang mereka hadapi dan berhasil pula membangkitkan minat para pakar, cendekiawan dan peminat lainnya untuk ikut memikirkan peningkatan fungsi dan peranan lembaga-lembaga tersebut.

Selanjutnya, sesuai dengan kebijakan PAKTO 1988, BPR telah berkembang di banyak tempat di Indonesia. Selain itu, suatu hal perlu dicatat, bahwa atas prakarsa dan dukungan Asian and Pacific Development Center, LPPI bersama dengan Pusat Penelitian Agro Ekonomi di Bogor, melaksanakan sebuah Pilot Proyek yang dinamakan "Karya Usaha Mandiri", suatu proyek yang bertujuan menguji coba cara-cara pemberian kredit kepada orang-orang yang paling miskin di pedesaan Indonesia, melalui penerapan sistem GRAMEEN BANK, suatu bank yang khas melayani rakyat miskin di Bangladesh.

Buku Monetisasi Pedesaan: Bunga Rampai Keuangan Pedesaan mengupas, antara lain:
  • Peranan BPR dalam rangka kebijakan PAKTO
  • Meningkatkan Taraf Kehidupan Golongan Miskin dengan Bantuan Kredit
  • Bunga Rampai Keuangan Pedesaan (Kelembagaan Kredit Pedesaan, Tabungan dalam Ekonomi Pedesaan, Peranan Pemerintah Daerah dalam Monetisasi Pedesaan, Mengapa Kredit Kecil Mahal)
  • Perkembangan BPR dan Beberapa Program Kredit Kecil

INFO BUKU

Judul:  Monetisasi Pedesaan: Bunga Rampai Keuangan Pedesaan
Penulis: Marjanto Danusaputro, Jusuf M. Colter, Pandu Suharto
Penerbit: Institut Bankir Indonesia
Edisi: Cetakan Kedua, 1997
Halaman: xviii + 260
Ukuran: 15 x 21 x 2cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas Koleksi Pribadi
Harga: Rp. 66.000
Lokasi: 330/Dan/m

1 comment:

  1. JohnMarkCredit Sebagai bagian dari promosi yang sedang berlangsung, Kami sedang menawarkan Swasta, Komersial dan pribadi pinjaman kepada calon pelanggan membutuhkan uang mendesak pada tingkat bunga 2%, Mengapa menunggu uang yang Anda butuhkan segera? kita memiliki uang tunai untuk pinjaman Anda. Layanan pinjaman keuangan kami adalah 100% dijamin.
    Terapkan sekarang dan bergabung dengan ribuan pelanggan yang puas.
    Email: JohnMarkCredit@gmail.com

    ReplyDelete