MESIN PENCARI

POLITIK TIGA WAJAH, M.D. La Ode

Buku Politik Tiga Wajah ini merupakan hasil observasi dan studi mendalam tentang keberadaan etnis Cina-Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat. Dewasa ini, etnis Cina-Indonesia sudah menyebar ke seluruh sudut kota di daerah Kalimantan Barat. Keadaan ini terwujud menjadi mekanisme aliran perekonomian yang sangat efektif bagi pelaku ekonomi intern etnis Cina-Indonesia. Disamping itu, pribumi suku bangsa Dayak-Melayu kurang memahami maksud-maksud strategi mekanisme ekonomi yang ditebar oleh etnis Cina-Indonesia di Kalimantan Barat. Sedangkan, tujuan dan diterapkannya mekanisme strategi ekonomi seperti itu ialah untuk melimpuhkan dinamisme kekuatan ekonomi pribumi suku bangsa Dayak-Melayu. Selain itu, juga bertujuan untuk meng-cover wilayah Kalimantan Barat.

Awal ketertinggalan ekonomi pribumi suku bangsa Dayak-Melayu dari etnis Cina-Indonesia, ialah diambilalihnya komoditi 9 (sembilan) bahan pokok keperluan sehari-hari oleh etnis Cina-Indonesia. Pada dasarnya, komoditi tersebut adalah hak dan kewajiban pribumi suku bangsa Dayak-Melayu untuk memperdagangkannya sepanjang masa. Kondisi yang sama juga berlaku bagi etnis Cina-Indonesia. Tetapi, bukan terdapat atau berlaku di Indonesia, melainkan terdapat dan berlaku di negeri Cina Daratan. Sedangkan di Indonesia, etnis Cina-Indonesia hanya turut mendapat bagian berdasarkan asas, bahwa “We are the great family of men and we are all created by God”. Jadi tidak hanya dimensi persamaan status, tetapi juga perbedaan predikat yang harus ditaati secara rasional dan metarasional.

Penyelesaian masalah kontradiksi/antagonis sikap dan perilaku antara etnis Indonesia dengan etnis Cina-Indonesia, hanya bisa ditempuh melalui jalur primordialisme-integralistik yang faktor-faktornya adalah Amalgamasi Biologis, asimilasi sosial-budaya, adaptasi sosial dan ekonomi bersama antara kedua belah pihak.

Meski menggunakan hasil amatan empiris dan studi pada tahun 1997, namun penulis berhasil menganalisis sejumlah isu strategis relasi etnis Dayak dan Melayu dengan etnis Cina-Indonesia. Penjelajahan intelektualnya melacak jejak, memetakan tipe sikap, politik dan strategi, dan perilaku pengusaha etnis Cina-Indonesia.


INFO BUKU

Judul: Politik Tiga Wajah
Penulis: M.D. La Ode
Penerbit: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Edisi: 2013
Halaman: xxvi+412 halaman
Dimensi: 16 x 24 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Baru
Harga: Rp. 125.000
Call No.: 320/Ode/p

No comments:

Post a Comment