MESIN PENCARI

METODE PENELITIAN SOSIAL DAN HUKUM, Rianto Adi

Buku tentang metode penelitian sudah banyak ditulis dan diterbitkan. Tetapi mengapa buku metodologi penelitian yang ini masih juga diterbitkan? Seorang teman dosen yang mengajar mata kuliah metodologi penelitian, dan menggunakan bahan ini (sewaktu masih berbentuk diktat) mengatakan, enak untuk mengajar, lebih praktis.

Dalam buku ini dibahas tentang apa saja yang harus dilakukan dalam penelitian dari awal hingga akhir: merumuskan masalah, mendalami masalah penelitian untuk lebih mempertajam fokus, merumuskan kerangka teori atau hipotesis, menentukan metode penelitian, yang sesuai, mengumpulkan dan mengolah data, analisis dan interprestasi data, dan akhirnya menulis hasil laporan penelitian, yang kesemuanya itu sesuai dengan harapan perkuliahan metodologi penelitian. Penjelasannya sendiri dipaparkan secara praktis, sehingga para pembaca dapat mengikuti dengan mudah.

Meskipun diperuntukan bagi para mahasisa dalam mengikuti mata kuliah metodologi penelitian, teristimewa bagi mereka yang akan menulis skripsi/tesis/disertasi, namun sesungguhnya buku ini juga bermanfaat bagi mereka yang ingin mengetahui dan melakukan penelitian, karena buku ini memberikan penjelasan praktis langkah-langkah dalam melakukan penelitian.

Sebab, seperti kita tahu, penelitian sangatlah bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang pada gilirannya memberikan sumbangsih yang bermuara pada kesejahteraan umat manusia dan kemajuan bangsa.

INFO BUKU

Judul: Metode Penelitian Sosial dan Hukum 
Penulis: Rianto Adi
Penerbit: Granit
Edisi: 2010
Halaman: viii + 234 hlm 
Dimensi: 16 x 24 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Baru
Harga: Rp. 50.000 Rp. 43.000
Call No.: 001/Adi/m

No comments:

Post a Comment