MESIN PENCARI

CATATAN SUBVERSIF, Mochtar Lubis

CATATAN SUBVERSIF, Mochtar Lubis
Buku ini merupakan catatan-catatan dalam buku harian yang ditulis pengarang selama berada dalam tahanan rezim orde lama. Dia telah mencatat pengalamannya setiap hari, tidak saja pengalaman nyata dalam lingkungan rumah penjara, akan tetapi juga pengalaman pikir an dan batinnya, reaksi-reaksinya terhadap apa yang dibaca dan didengarnya, terhadi di dalam dan di luar penjara. Karena itu buku ini merupakan pula sebuah kesaksian terhadap segala apa yang terjadi di Indonesia di bawah rezim orde lama dan reaksi pengarang terhadap semuanya.

Rezim orde lama setelah jatuh dari singgasana kekuasannya telah menjadi sasaran kritik dan kutukan banyak orang Indonesia, tidak saja akibat politiknya yang telah membawa Indonesia ke jurang kehancuran perekonomian akan tetapi akibat petualangan politik, almarhum presiden Soekarno dengan PKI, yang sampai pada puncaknya dengan peristiwan Gestapu tanggal 30 September tahun 1965, yang membawa Indonesia pada peristiwa pembantaian para Jenderal di Lubang Buaya.

Buku ini merupakan monumen kesaksian pada satu kurun waktu yang amat penting dalam sejarah Indonesia Merdeka yang secara jelas mengikuti proses pembusukan orde lama, karena itu perlu dibaca oleh setiap orang Indonesia yang wajib memahami proses sejarah negeri dan bangsanya. Karena masa kini hanya dapat dipahami dengan memahami masa lampau.

INFO BUKU

Judul: Catatan Subversif
Penulis: Mochtar Lubis
Penerbit: Yayasan Obor Indonesia
Edisi: 1987
Halaman: 405
Dimensi: 14 x 21 x 1.5cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Bekas
Harga: Rp. 98.000
Call No.: 814/Lub/c

No comments:

Post a Comment