MESIN PENCARI

BIOLOGI, JOHN W. KIMBALL, PROF. DR IR. H. SITI SUTARMI T. PROF. DR NAWANGSARI SUGIRI [Pen.]

Judul/Title: Biologi
Penuis/Writer: Prof.DR. Ir. H. Siti Soetarmi T dan Prof. DR. Nawangsari Sugiri
Penerbit/Publisher: Erlangga
Edisi/Edition: 1983
Halaman/Pages: 333
Dimensi/Dimension: 24 x 16 x 2cm
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Harga/ Price: Rp. 67.000,-
Call No.: 014/Soe/b/C.1
Status: Available
***

Biologi edisi kelima ini disiapkan dengan tujuan dasar yang sama dengan semua edisi sebelumnya. Topik-topik yang ada masih disusun sepanjang garis fungsional; yaitu bahwa semua aspek biologi yang beragam diuji dari sudut pandang ciri-ciri dan masalah yang dimiliki semua mahluk hidup. Ini berkisar dari organisasi molekular dan selular sampai pengendalian genetik, mekanisme reproduktif, metabolisme, daya tanggap, dan evolusinya. Penulis berharap bahwa salah satu keuntungan dari organisasi ini akan menanamkan pengertian yang lebih baik terhadap kesatuan yang mendasari keanekaragaman (diversity) kehidupan.

Selain itu, beberapa bab tertentu telah disusun kembali untuk meningkatkan perlakukan hirarkis yang lebih konsisten pada rencana dasar pengorganisasiannya. Jadi semua materi mengenai biologi sel (Bagian II dan III) dan semua bab yang dipersembahkan untuk fisiologi (Bagian V, VI, VII) telah di tata ulang.

Dalam mempersiapkan edisi baru ini, penulis mempertimbangkan semua tujuan. Salah satunya, tentu saja, agar materi bidang yang berkembang sangat pesat ini tetap up to date. Jadi Anda akan menemukan sebuah bab baru mengenai organisasi informasi genetik (bagaimana gen diklon dan "dibaca"; gen yang bertumpang tindih, membelah, dan dapat diubah urutannya; dan teknik-teknik DNA rekombinan). Ada dua bagian yang baru yaitu biologi kanker, dan juga perlakuan-perlakuan imunologi yang direvisi secara ekstensif (termasuk generasi keragaman antibodi), neurofisiologi otak manusia (termasuk pembahasan mengenai peptida yang mirip opium), maupun asal usul kehidupan.

Topik lain yang muncul untuk pertama kalinya atau dalam bentuk yang direvisi mencakup: DNA yang terpilin ke kiri ("Z"), replikasi DNA, kode genetik khusus dari mitokondria, kemiosmosis, filamen intermediet pada sel, difusi yang dipermudah, pengaturan suhu pada vertebrata, orientasi magnetik pada bakteri dan vertebrata, signifikansi adaptif perilaku, archaebacteria, prochlorophyta ekosistem air tawar dan lautan, perbandingan ketergantungan-kepadatan dan ketidak tergantungan kepadatan pada pertumbuhan populasi, biogeografi pulau dan evolusi homo sapiens.

No comments:

Post a Comment